Selasa, 26 Oktober 2010

Praktek Lapangan 1 Muda Praja angkatan XX kelompok XII di Purwakarta


Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebagai lembaga pendidikan kedinasan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri merupakan penggabungan STPDN dan IIP berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2004 tentang Penggabungan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Menjadi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Sesuai dengan visi IPDN “Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan yang terpercaya dalam mengemban tugas pengembangan ilmu, pembentukan perilaku kepamongan dan penyedia kader pemerintahan yang terampil”, maka dalam aplikasinya ditempuh melalui tiga jalur pendidikan yaitu pengajaran, pelatihan dan pengasuhan atau disingkat dengan Jarlatsuh.


Praktek Lapangan atau dalam tradisi perguruan tinggi lain akrab dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran (dikjar), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Lit & PPM) oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif dan lintas sektoral yang ditempuh pada semester akhir dengan beban minimal 130 SKS. Sedangkan praktek lapangan yang diselenggarakan oleh Bagian Pelatihan sebagai salah satu ciri khas IPDN dilaksanakan setiap akhir semester genap dan berjenjang mulai tingkat Muda, Madya, Nindya hingga Wasana Praja, dan sebagai bagian dari kurikulum maka kedudukan praktek lapangan adalah wajib, artinya Praja diharuskan untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan praktek lapangan tanpa terkecuali.
 Kelompok XII

 kegiatan praktek lapangan 1 yang dilaksanakan oleh kelompok XII di desa nangewer kecamatan darangdan kabupaten purwakarta disambut antusias warga setempat. "kami sangat bersyukur kedatangan peserta praktek lapangan dari praja ipdn kesini, masyarakat sangat senang dengan kedatangan mereka semua" menurut kepala desa Nangewer Aceng Patah.

seperti halnya dengan kelompok lain, kelompok XII diberangkatkan dengan bis IPDN ke desa nangewer dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam memberikan kesan yang menarik dengan pesona alam purwakarta yang penuh dengan berbagai hasil alam dan panorama pariwisata yang menjanjikan. kedatangan kelompok XII langsung disambut perangkat desa nangewer di depan balai desa. keramahan khas purwakarta dan jawa barat terlihat ketika kami disapa dengan hangat oleh para perangkat desa. kesan awal yang baik kami dapatkan.















                                                                                                                                          foto hari pertama praktek kelompok XII




     foto bareng saat mandi di sungai nangewer (belakang induk semang) asyik...... hehehehe

2 komentar:

  1. Merindukan Nangewer dan kalian smua, guys .. =)

    BalasHapus
  2. (admin): kapan-kapan ajak semuanya kita main kesana aja.... hehe

    BalasHapus