Senin, 09 Januari 2012

Prof. Sadu "Praja IPDN itu berbeda dengan Mahasiswa dari universitas umum"



           Dua hari setelah Satuan Praja melaksanakan cuti natal dan tahun baru 2012, tepatnya pada tanggal 9 Januari 2012,  diadakan Pamong Praja Alumni Home Coming Party “Part Of Worthy To Build Nation Entity 2012” oleh Dinas Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan WWP IPDN. Ini bukan talkshow biasa, selain telkomference yakni komunikasi langsung dengan rekan-rekan Praja regional Bukittinggi dan Makassar. Tamu undangannya pun juga istimewa yaitu Purna Praja STPDN/IPDN (Alumni.Red) yang melanjutkan study di Luar Negeri.   
            Talkshow ini dibuka langsung oleh Prof.Dr.Sadu Wasistiono,MS selaku Wakil Rektor yang hadir mewakili Rektor IPDN yang berhalangan hadir dikarenakan sedang membuka kegiatan KKN Wasana Praja di Jakarta.  
            Acara yang dihadiri oleh Tujuh orang Purna Praja ini diawali kata sambutan oleh Kepala Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan WWP IPDN, WP. Teguh Surahman Jaya yang dilanjutkan dengan sambutan dari wakil rektor Prof.Sadu Wasistiono. dalam sambutannya, beliau menekankan suatu hal, bahwa praja IPDN itu secara fundamen "Berbeda" dengan mahasiswa dari universitas umum. 
            Perbedaan ini terlihat pada kompetensi dasar yang dimiliki oleh praja IPDN yakni kompetensi Teoritis, legalistik, dan empirik. kompetensi dasar yang telah diakui oleh kemendiknas ini tambahnya, tentu harus semakin dioptimalkan diantaranya kemampuan teoritik, praja dituntut untuk mampu menguasai berbagai teori, terutama teori tentang pemerintahan. kemampuan legalistik yakni memahami secara mendalam tentang produk perundang-undangan lebih khusus tentang pemerintahan. serta kemampuan lain yang tidak kalah penting yakni kemampuan empirik "Praja harus paham tentang dunia empirik agar tidak menjadi seperti menara gading" tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar